Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia

6 Des

Tentang APPBI

APPBI Merupakan singkatan dari Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia. Organisasi ini didirikan di Jakarta pada tanggal 1 September 1998. Latar belakaang dari didirikannya APPBI berawal dari kesadaran para pengusaha dan pengelola Pusat Belanja Indonesia untuk turut serta mensukseskan Pembangunan Nasional dalam bidang pariwisata dan perdagangan berupa penyediaan sarana distribusi, perdagangan eceran, penyediaan lapangan kerja, pemasukan pajak serta sarana belanja dan pertunjukan budaya bagi para wisatawan. Dirasa perlu adanya organisasi yang mewakili bidang usaha ini secara keseluruhan, untuk dapat menetapkan standarisasi mutu dan pelayanan, mengembangkan dan menegakkan etika dalam melakukan komunikasi, konsultasi, koordinasi dan usaha-usaha bersama yang diperlukan. Oleh karena itu jelas APPBI merupakan organisasi yang bersifat sosial, nirlaba dan tidak berafiliasi dengan kekuatan sosial dan politik manapun.

 

Tujuan Pendirian

Adapun tujuan dari didirikannya APPBI adalah:

  1. Membina komunikasi dan kerjasama baik antar anggota maupun dengan pemerintah dan pihak-pihak lain yang berhubungan dengan kehidupan dan kegiatan Pusat Belanja.

  2. Membela dan memperjuangkan hak kepentingan serta aspirasi anggota dengan tetap mengindahkan kepentingan perekonomian nasional pada umumnya maupun pertumbuhan dunia perdagangan pada khususnya.

  3. Secara bersama, membantu memecahkan masalah yang dihadapi anggota sepanjang hal tersebut tidak bertentangan dengan perundang-undangan, hukum dan etika yang beraku di Indonesia.

  4. Berpartisipasi membina iklim berusaha yang sehat agar para anggota dan pelaku ekonomi lainnya dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi dan kemampuan masing-masing.

  5. Maluaskan cakrawala pandang dan meningkatkan profesionalisme anggota dalam pengelolaan Pusat Belanja.

 

Pokok Kegiatan

Untuk mencapai tujuannya, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia mempunyai pokok-pokok kegiatan sebagai berikut:

  1. Menggalang kerjasama dan hubungan baik dengan instansi-instansi pemerintah, asosiasi-asosiasi terkait dengan lembaga lainnya baik di dalam, maupun di luar negeri.

  2. Memberikan masukan kepada pemerintah dan instansi/badan yang terkait guna kepentingan para anggota dan pertumbuhan kegiatan usaha Pusat Belanja pada umumnya.

  3. Membahas masalah-masalah yang dihadapi para anggota dan bila perlu menyampaikan pendapat kepada pihak pemerintah atau lembaga-lembaga lain yang terkait.

  4. Melakukan usaha arbitase sejauh dianggap perlu

  5. Melaksanakan seminar, pelatihan dan kursus untuk meningkatkan profesionalisme pengelolaan Pusat Belanja.

  6. Melakukan koordinasi kegiatan-kegiatan bersama yang menunjang pertumbuhan kegiatan Pusat Belanja seperti promosi, keamanan, lingkungan hidup, kepedulian sosial dan lain-lain.

 

Keanggotaan APPBI

Anggota Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia terdiri dari:

  1. Anggota biasa, adalah: Pengelola Pusat Belanja

  2. Anggota kehormatan, adalah: mantan Pengelola Pusat Belanja, ahli/pakar dalam bidang yang ada kaitannya dengan kegiatan Pengelolaan Pusat Belanja.

Sumber : www.appbi.org

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: